https://kompikita.disqus.com/admin/
Loading...

Linux Itu Tidak Aman

Linux Linux itu tidak aman!!! Banyak orang bertanya-tanya, aman gak sih linux? kok jarang ada software antivirus di linux? Bahkan...

Linux

Linux itu tidak aman!!!

Banyak orang bertanya-tanya, aman gak sih linux? kok jarang ada software antivirus di linux? Bahkan ada yang beranggapan bahwa "Linux itu nggak aman!!!!"
Oke, cukup sudah propagandanya, anda mau berpikiran seperti itupun itu tidak masalah bagi saya. Karena bagi saya linux cukup aman (sangat) dari virus dan memang tidak membutuhkan antivirus. Kenapa?

1. Hak Akses Root
Bukan berarti linux itu sempurna, tapi salah satu keuntungan yang membuat linux sulit untuk terinfeksi virus adalah adanya hak akses root, dimana pengguna/user tidak akan bisa seenaknya mengakses apalagi merubah segala sesuatu dalam system. Secara default linux tidak akan mengijinkan apapun berjalan (meskipun secara diam-diam).

2. virus*.exe Tidak Akan Pernah Berjalan
Ekstensi inilah yang paling banyak mengandung virus, worm dan malware, dan perlu diketahui ekstensi ini tidak akan dapat melakukan apa-apa didalam sistem operasi linux secara default.

3. Dukungan Update
Anda akan dilindungi oleh update. Contohnya: Ubuntu secara otomatis melakukan cek setiap hari untuk update keamanan yang tersedia. Sangat penting untuk menginstal update keamanan yang diusulkan segera, jika anda ingin menjaga sistem seaman mungkin. Dan hampir semua distro utama mempunyai update security yang sangat mumpuni.

4. Firewall Yang Tangguh
Secara default linux sudah disertai firewall. Untuk mengecek firewall ketik "sudo ufw status" jika tidak aktif tinggal ketikan perintah "sudo ufw enable" (tanpa tanda petik).

5. Dukungan Komunitas 
Satu lagi yang tidak kalah penting adalah dukungan komunitas linux, masing-masing distro memiliki dukungan komunitas, disitu para pengguna distro linux dapat menanyakan segala sesuatu tentang operasi sistem linux.

Oke, itulah beberapa alasan mengapa tidak dibutuhkan antivirus di sistem operasi linux, dan bisa dikatakan linux jauh (sangat) dari target serangan virus.

Jika ada yang kurang mohon maklum, silahkan ditambahkan sendiri di komentar.


beberapa pandangan diambil dan diterjemahkan penulis dari:  http://www.pcworld.com/article/202452/why_linux_is_more_secure_than_windows.html
Blog 8392475203825768401

Posting Komentar

Tinggalkan jejak

emo-but-icon

Beranda item
All rights reserved. All trademarks are the property of their respective owners.